Kabupaten Bekasi Data Pengunjung Objek Wisata Lewat Aplikasi

Salah seorang pengunjung tengah menikmati wahana flying fox di Taman Limo Jatiwangi, Sabtu (16/06) sore.
Salah seorang pengunjung tengah menikmati wahana flying fox di Taman Limo Jatiwangi, Sabtu (16/06) sore.

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG UTARA  – Setiap pengunjung yang datang ke objek wisata akan didata oleh Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Bekasi secara digital.

Pendataan akan dilakukan melalui aplikasi untuk mengetahui secara valid jumlah kunjungan wisatawan di Kabupaten Bekasi.

“Selama ini kita butuh data misalnya jumlah kunjungan wisata. Untuk itu kami Dinas Pariwisata sengaja di tahun anggaran ini bekerjasama dengan pihak ketiga untuk membuat aplikasi kunjungan wisata,” kata Kepala Dinas Kabupaten Bekasi, Iyan Priyatna.

Selain mendata jumlah pengunjung yang datang ke objek wisata, melalui aplikasi tersebut pihaknya juga akan memantau jumlah pengunjung yang menginap di hotel hingga pengunjung restoran.

“Saya rasa pembuatan aplikasi ini amat penting bukan cuma bagi Dinas Pariwisata, tapi juga bagi para pelaku-pelaku pariwisata baik di bidang perhotelan, restoran hingga destinasi wisata,” jelasnya.

Dispar, sambungnya, juga telah melakukan sosialisasi penggunaan aplikasi tersebut kepada para pelaku industri pariwisata.  Mereka juga diminta untuk memberikan masukan dan saran untuk memajukan pariwisata di Kabupaten Bekasi.

“Masyarakat harus responsif seandainya ada yang memberikan masukan atau saran kita terbuka dengan aplikasi ini,” tandasnya. (riz)

Pos terkait