Ketua DPRD Kabupaten Bekasi Aria Dwi Nugraha saat membacakan surat rekomendasi penolakan RUU Omnibus Law Cipta Kerja, Selasa (17/03).
Ketua DPRD Kabupaten Bekasi Aria Dwi Nugraha saat membacakan surat rekomendasi penolakan RUU Omnibus Law Cipta Kerja, Selasa (17/03).

Kabulkan Tuntutan Buruh, DPRD Kabupaten Bekasi Keluarkan Surat Rekomendasi Penolakan RUU Cipta Kerja

Dalam surat rekomendasi, DPRD Kabupaten Bekasi dengan tegas menyatakan sikap menolak RUU Omnibus Law Cipta Kerja dan melakukan langkah-langkah politik konstitusional untuk berjuang bersama – sama agar RUU tersebut tidak disahkan menjadi Undang-undang.

Surat rekomendasi tersebut ditanda tangani oleh Ketua DPRD Kabupaten Bekasi Aria Dwi Nugraha dan ditembuskan kepada DPR RI, Badan Legislasi DPR RI, Kementrian Ketenagakerjaan RI, Gubernur Jawa Barat, Konfederasi Serikat Pekerja/Serikat Buruh dan Asosiasi Pengusaha Indonesia.

Sekretaris FSPMI Bekasi, Suparno mengatakan buruh menolak isi RUU  Omnibus Law Cipta Kerja karena di dalam RUU tersebut klausul upah minimum, pesangon, outsourcing, karyawan kontrak, dan waktu kerja terlalu eksploitatif bagi buruh.

Selain itu, RUU Cipta Kerja juga dinilai berpotensi membuat tenaga kerja asing buruh kasar atau unskilled worker bebas masuk ke Indonesia, membuat jaminan sosial hilang, PHK dipermudah, dan hilangnya sanksi pidana untuk pengusaha.

“Harapan kami RUU Omnibus Law Cipta kerja tidak disahkan oleh DPR-RI,” tandasnya. (BC)

Baca Juga

Buruh dari FSPMI Bekasi yang akan berangkat aksi May Day ke Jakarta dari Omah Buruh di Kawasan EJIP pada 01 Mei 2017

Diiming-imingi Doorprize, Buruh FSPMI Bekasi Tetap Pilih Demo Ke Jakarta. Apa Alasannya?

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG PUSAT – Ribuan buruh yang tergabung dalam Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) …

Aksi unjuk rasa yang dilakukan Forum Informatif dan Pemerhati Ketenagakerjaan (FINTER) Kabupaten Bekasi di Gerbang Utama Komplek Perkantoran Pemkab Bekasi, Desa Sukamahi, Kecamatan Cikarang Pusat, Rabu (27/02).

FINTER Ingin Perusahaan di Kabupaten Bekasi Terima Buruh Lokal 60 Persen

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG PUSAT – Ratusan warga yang tergabung dalam Forum Informatif dan Pemerhati Ketenagakerjaan (FINTER) …