Taman Baca Samudera di halaman depan kantor Kecamatan Muaragembong.
Taman Baca Samudera di halaman depan kantor Kecamatan Muaragembong.

Dorong Swasta Bangun Perpustakaan Lewat CSR

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG PUSAT  – Pemerintah Kabupaten Bekasi melalui Dinas Perpustakaan dan Arsip mengajak para pengusaha menyalurkan dana corporate social responsibility (CSR) perusahannya dengan membangun fasilitas perpustakaan. Hal ini seperti yang dilakukan PT Samudera Indonesia yang telah membangun Taman Baca Samudera di Kecamatan Muaragembong.

BACA: Kontainer Disulap Jadi Taman Baca di Pesisir Kabupaten Bekasi

Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Bekasi, Dedi Supriyadi mengatakan pembangunan di Kabupaten Bekasi khususnya yang berkaitan dengan sarana pendidikan bukan hanya menjadi tanggung jawab pemerintah daerah. Dia meyakini permasalahan pembangunan fasilitas perpustakaan, khususnya dari segi buku, meja, bangku dan sarana penunjang lainnya tidak akan tuntas jika hanya mengandalkan APBD.

“Makanya kita mendorong agar perusahan-perusahaan yang ada di Kabupaten Bekasi menyalurkan bantuan CSR-nya dengan membangun fasilitas perpustakaan. Kita bangun Kabupaten Bekasi ini bersama-sama. Saya pikir, kalau hanya untuk membangun sarana perpustakaan bisa dibantu yang penting ada kemauan dari pengusahanya,” kata Dedi Supriyadi, Jum’at (14/02).

Berdasarkan catatannya, saat ini baru ada sekitar 10 perusahaan yang ikut memfasilitasi persoalan ini. “Tetapi mungkin banyak juga karena mereka biasanya jalan sendiri-sendiri ya. Kalau yang melalui (menyampaikan-red) ke kita paling hanya ada beberapa, di bawah 10 ,” tuturnya.

Menurut Dedi, perpustakan menjadi sumber informasi yang sangat penting. Sebab, disamping sebagai lembaga pelayanan publik untuk mengakses informasi ilmu pengetahuan dan teknologi, apabila dikelola dengan baik perpustakaan juga bisa menjadi tempat penelitian, belajar dan rekreasi bagi warga. (BC)