Daya Tampung Terbatas, Orang Tua Mampu Jangan Paksakan Anak Masuk Sekolah Negeri

Ilsutrasi PPDB Sekolah Negeri Cikarang, Kabupaten Bekasi.
Ilsutrasi PPDB Sekolah Negeri Cikarang, Kabupaten Bekasi.

“Kalau semua ditambah rombel, sekolah swasta akan mengeluh karena nanti minatnya kesedot ke negeri. Kemudian kalau ruang kelas ditambah, sarana prasarana dan tenaga pengajar kita pun belum tentu mencukupi. Jadi memang penyempurnaan-penyempurnaan ini akan dilakukan, terlebih soal perubahan paradigma,” ucap dia.

BACA: Ada Rombel Tambahan, 36 Anak Sukadami Ditampung di SMP Negeri 5 Cikarang Selatan

Bacaan Lainnya

Sebelumnya  polemik PPDB 2023 dinilai bisa diselesaikan dengan diskresi mengenai penambahan jumlah siswa untuk setiap rombongan belajar (rombel) oleh Pemerintah Kabupaten Bekasi.

Belum adanya keberpihakan anggaran dari pemerintah daerah untuk sekolah-sekolah swasta disinyalir masih menjadi salah satu penyebab tingginya animo masyarakat untuk menyekolahkan anaknya ke sekolah negeri dibanding swasta karena biaya yang dikeluarkan cenderung lebih murah.

“Sebenarnya Pemerintah Daerah bisa saja melakukan diskresi tinggal merubah payung hukumnya saja dalam hal ini Perbup tentang jumlah siswa di setiap rombel. Makanya saat ini kami di legislatif sedang mempertimbangkan untuk mengeluarkan rekomendasi agar eksekutif mau merevisi Perbup tersebut,” kata Sekretaris Komisi IV DPRD Kabupaten Bekasi, Rusdi Haryadi.

Pos terkait