Awal April, 372.766 Balita di Kabupaten Bekasi Disasar Imunisasi Polio

Ilustrasi imunisasi
Ilustrasi imunisasi

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG PUSAT  – Imunisasi polio terhadap anak akan digencarkan kembali di wilayah Kabupaten Bekasi. Sebanyak 372.766 balita atau anak usia 0-59 bulan di wilayah ini akan menjadi target sasaran imunisasi yang dimulai pada awal April 2023 mendatang.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bekasi, Dedy Supriyadi menyampaikan, imunisasi polio untuk anak di Kabupaten Bekasi, akan dilaksanakan untuk mencegah terjadinya kasus polio setelah sebelumnya ditemukan satu kasus polio di Purwakarta Jawa Barat.

Bacaan Lainnya

“Kegiatan imunisasi polio di Kabupaten Bekasi akan dilaksanakan dalam dua tahap, pada 3 April dan 15 Mei 2023,” kata Dedy Supriyadi, Kamis (30/03).

Selain melibatkan perangkat daerah terkait, Pemerintah Kabupaten Bekasi juga mengikut sertakan para camat, Kemenag, TNI/Polri, MUI, PKK, Posyandu, asiosiasi profesi kesehatan serta perwakilan tokoh masyarakat dan tokoh agama untuk melakukan upaya pencegahan terjadinya kasus Polio di Kabupaten Bekasi.

“Ya, kami berharap ada kolaborasi antara pemerintah daerah dengan semua stakeholder untuk melakukan upaya pencegahan terjadinya kasus Polio di Kabupaten Bekasi,  termasuk para tokoh masyarakat dan tokoh agama agar mereka dapat memberikan pemahaman kepada masyarakat mengenai pentingnya imunisasi polio ini,” ungkapnya.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi dr Alamsyah menyampaikan, imunisasi polio di Kabupaten Bekasi diperuntukkan bagi anak usia 0-59 bulan dengan target sebanyak 372.766 orang.

“Kita mulai dengan persiapan lintas sektor, yang berikutnya, mulai Senin, kita akan melaksanakan kegiatan di lapangan untuk tingkat kabupaten, di Cikarang Utara. Sasaran sudah kita data, persiapan tenaga, kita sudah petakan, kemudian vaksinnya, Insya Allah Jumat-Sabtu besok sudah masuk, dan target waktu itu dua minggu selesai,” jelasnya.

Alamsyah menuturkan, pelaksanaan imunisasi akan dilakukan di Puskesmas, Posyandu, Rumah Sakit, Puskesmas Pembantu, termasuk di sekolah TK dan PAUD.

“Dengan ditemukannya kasus Polio di Purwakarta pada anak yang tidak pernah imunisasi, Kabupaten Bekasi harus melakukan pencegahan karena virus Polio ini berbahaya dan cepat penyebarannya,” kata dia. (Riz)

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Pos terkait