Refleksi Hari Pahlawan, PMII Kabupaten Bekasi Ziarah Ke Makam Ulama

makam-pmii-kabupaten-bekasi
makam-pmii-kabupaten-bekasi

BERITACIKARANG.COM, CIBARUSAH – Untuk merefleksi peringatan Hari Pahlawan 10 November 2016, para kader PMII Kabupaten Bekasi melakukan ziarah ke makam para ulama di Kabupaten Bekasi, Kamis (11/10) malam.

Ketua PMII Kabupaten Bekasi, Adiyanto SW mengatakan rangkaian ziarah tersebut akan berlangsung selama dua hari  yakni pada tanggal 10 dan 11 November dan dimulai dengan mendatangi makam KH. M.Fudholi yang terletak di Desa Karang Asih, Kecamatan Cikarang Utara.

Bacaan Lainnya

“Kemarin kita berziarah ke makam KH. M. Fudholi, salah satu Ulama besar yang menyebarkan Islam di wilayah Cikarang. Beliau berjuang bukan hanya lewat pendidikan pesantren, tapi berjuang langsung mengusir para penjajah,” ujar Adiyanto SW, Jum’at (11/11).

Untuk hari ini, sambungnya, kegiatan ziarah akan dilanjutkan dengan mendatangi makam KH. R. Ma’mun Nawawi di Cibogo, Kecamatan Cibarusah sekaligus mengunjungi Masjid Al-Mujahidin Cibarusah yang menjadi tempat latihan Laskar Hizbullah.

“Kemudian dilanjutkan dengan mengunjungi makam KH. Muhajirin Amsar di Yayasan An-Nida dan ke makam KH. Noer Ali, Pahlawan Nasional dari Bekasi di Kecamatan Babelan,” kata dia.

Kegiatan ziarah tersebut, sambung Adi, panggilan Adiyanto SW adalah untuk memantik rasa nasionalis dan jiwa spiritual para kader PMII khususnya dan generasi muda lainnya, memahami peran serta ulama dalam membangun bangsa dan negara ini.

“Berbicara 10 November sangat erat kaitannya dengan para Ulama. Tidak ada hari Pahlawan tanpa adanya ulama. Yaitu dengan keluarnya fatwa Resolusi jihad oleh para ulama khususnya Hadratusyeikh KH. Hasyim Asy’ ari (pendiri NU) yang mampu memantik semangat para pejuang pada waktu itu,” tandasnya (BC/HUM)

Pos terkait