Pemkab Bekasi Peringati Hari Sumpah Pemuda

Foto: Humas Pemkab Bekasi
Foto: Humas Pemkab Bekasi

Upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-91 Tingkat Kabupaten Bekasi dilaksanakan di Plaza Pemda Kabupaten Bekasi, Rabu (30/10). Acara tersebut dihadiri oleh nsur Muspida, Sekretaris Daerah, serta para Asisten Daerah dan kepala OPD se-Kabupaten Bekasi.

Tema peringatan Hari Sumpah Pemuda tahun ini yaitu Bersatu Kita Maju. Bupati Bekasi Eka Supria Atmaja mengungkapkan bahwa tema tersebut diambil untuk menegaskan kembali komitmen yang telah dibangun oleh para pemuda terdahulu, yang diikrarkan pada tahun 1928 dalam sumpah pemuda.

Bacaan Lainnya

Dalam sambutannya Bupati menyampaikan, pemuda Indonesia adalah ujung tonggak kemajuan Negara dan harus mampu bertahan dan unggul dalam persaingan dunia.

“Pemuda untuk Indonesia maju adalah pemuda yang memiliki karakter, kapasitas, kemampuan, inovasi, kreativitas yang tinggi, mandiri, inspiratif, serta mampu bertahan dan unggul dalam menghadapi persaingan dunia,” katanya.

Menurutnya, di era teknologi yang maju seperti sekarang ini, pemuda Indonesia terbelenggu dalam sosial media yang telah menjelma menjadi tempat favorit berkumpulnya anak-anak muda lintas negara, lintas budaya, lintas agama dan berinteraksi selama 24 jam. Sehingga diharapkan peran pemuda dapat bersaing dalam bentuk apapun secara positif, dan membuka pandangan ke luar batas-batas tembok kekinian dunia, demi menyongsong masa depan dunia yang lebih baik.

Di akhir sambutannya, Bupati Bekasi  menghimbau bahwa semangat para pemuda dalam menatap dan ikut membangun dunia harus terus menjadi obor penyemangat bagi pengabdian pemuda Indonesia. Hal itu dapat dicapai dengan keikutsertaan pemuda serta berpartisipasi mengangkat bangsa dan tanah air tercinta di kancah dunia.

“Wahai pemuda Indonesia, dunia menunggumu, berjuanglah, lahirkan ide-ide, tekad, dan cita-cita. Pengorbanan dan perjuanganmu tidak akan pernah sia-sia dalam mengubah dunia,” serunya. Upacara peringatan tersebut dilengkapi dengan pembacaan teks Pembukaan UUD 1945 dan pembacaan teks Keputusan Kongres Pemuda Indonesia Tahun 1928, dengan didampingi Kelompok Bhineka Tunggal Ika yang beranggotakan Paskibraka. (BC)

Pos terkait