LPK Miraino Hashi Jaya
LPK Miraino Hashi Jaya

LPK Miraino Hashi Jaya Tempa SDM Berkualitas untuk Bekerja di Jepang

BERITACIKARANG.COM, TAMBUN SELATAN  – Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) Miraino Hashi Jaya berkomitmen membentuk sumber daya manusia (SDM) yang kreatif, profesional dan berjiwa wirausaha.

LPK Miraino Hashi Jaya, sesuai misinya, menyalurkan SDM unggul ke Jepang untuk pemberantasan gagap teknologi dan mengurangi pengangguran.

Direktur LPK Miraino Hashi Jaya, Murdiono Jaya, menjelaskan ada 4 program pada LPK tersebut, yakni pemagangan, dan penyaluran tenaga engineering, specified skilled worker, dan caregiver.

SDM yang mendaftar akan menjalani proses pelatihan atau belajar selama 6 bulan sebelum dikirim bekerja atau magang di Jepang.

“Jadi kita akan melatih peserta didik sebelum berangkat. Pelatihan meliputi kemampuan berbahasa, kita anjurkan sudah memiliki sertifikat N-4, kemudian sikap mental dan kedisiplinan, pemahaman terhadap budaya Jepang, dan kebugaran fisik dan kesehatan,” ucapnya, Rabu (8/07)

Untuk pelatihan hanya berlaku bagi program pemagangan dan caregiver. Biaya proses dibayar secara bertahap setelah peserta didik 3 bulan bekerja di Jepang. Besaran biaya proses berbeda tiap program.

Jika pemagang siap dan lulus dalam pelatihan yang berlangsung selama 6 bulan, maka akan berlanjut ke tahap wawancara dengan user. Jika dinyatakan diterima, maka akan berlanjut ke tahapan penandatangan kontrak kerja dengan pihak Jepang. Tetapi, apabila belum diterima dengan user, maka akan menunggu user berikutnya.

“Setelah tanda tangan kontrak, maka akan berlanjut ke proses administrasi seperti pembuatan paspor dan visa, persiapan dokumen yang diperlukan,dan menunggu certificate of eligibility,” ucap dia.

Kontrak kerja bagi program engineering dan specified skilled worker mulai dari 3 sampai 5 tahun.

Hingga saat ini LPK yang berlokasi di Jalan Almuhajirin Raya, Ruko Nomor 1, RT 001/05, Graha Prima, Tambun Utara, itu sudah memberangkatkan 13 orang.

“Alhamdulillah kita sudah memberangkatkan 10 orang dari program caregiver, dan 3 orang dari program engineering,” ucap dia.

Pendaftaran bisa melalui Whatsapp, melalui internet atau datang langsung ke kantor LPK Miraino Hashi Jaya. (***)