Tenaga Kerja Asing (TKA) di salah satu kawasan industri di Kabupaten Bekasi.
Tenaga Kerja Asing (TKA) di salah satu kawasan industri di Kabupaten Bekasi.

Anggota DPRD : Kalau Ada Orang Asing dan TKA Ilegal di Kabupaten Bekasi, Sikat!

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG PUSAT – Maraknya pemberitaaan nasional tentang Tenaga Kerja Asing (TKA) yang menyerbu Indonesia juga ramai di Kabupaten Bekasi. Sebagai daerah yang memiliki kawasan industri terbesar di Indonesia, Kabupaten Bekasi tentunya memiliki daya pikat tersendiri bagi para TKA.

Berdasarkan data yang dikeluarkan Mentri Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Menakertrans) dijelaskan bahwa angka TKA secara nasional dalam lima tahun terakhir bervariatif. Di tahun 2011 total TKA dari semua negara adalah 77.307, tahun 2012 sebanyak 72.427 TKA, tahun 2013 sebanyak 68.957 TKA, tahun 2014 sebanyak 68.762 TKA dan sampai akhir tahun 2016 ini sebanyak 74.183 TKA.

Meski Menakertrans mengatakan bahwa data TKA tahun 2016 bukanlah angka terbesar dalam lima tahun terakhir mengingat ada yang masuk dan ada yang keluar, namun tentang pengendalian TKA baik dari sisi perijinan, legalitas, pengaturan, pengawasan, penertiban, penegakan dan penindakan bagi TKA yang melanggar aturan masih banyak dipertanyakan oleh semua pihak.

Anggota Komisi IV DPRD Kabupaten Bekasi, Nyumarno membenarkan, data rata-rata nasional TKA yang dirilis oleh Menakertrans tersebut. Sedangkan TKA yang resmi terdaftar dan ada di Kabupaten Bekasi, menurut data dari Disnaker sebanyak kurang lebih 2.189 orang sampai dengan Nopember 2016 ini.

Baca Juga

Sejumlah pencari kerja berdatangan ke Lotte Grosir Cikarang Utara karena ada kabar menyebutkan ada bursa kerja (job fair) yang diselenggatakan pada Kamis (20/06) kemarin.

Bursa Kerja di Lotte Grosir Diundur, Disnaker Kabupaten Bekasi Beberkan Penyebabnya…

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG PUSAT – Sejumlah pencari kerja berdatangan ke Lotte Grosir Cikarang Utara karena ada …

Karangan bunga yang dikirimkan Rahmad Damanhuri menjadi perhatian warga hingga staf dan anggota DPRD yang melintas, Kamis (13/06) siang.

Beda Dari yang Lain, Karangan Bunga di Gedung DPRD Kabupaten Bekasi Ini Bertuliskan ‘Innalillahi Wainnailaihirojiun’

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG PUSAT – Dari sekian banyak karangan bunga yang ditujukan untuk Eka Supria Atmaja …