Perbaikan Tanggul SS Bulak Mangga, Obon Minta PJT II Gerak Cepat

Anggota DPR RI Obon Tabroni
Anggota DPR RI Obon Tabroni

BERITACIKARANG.COM, CIBITUNG –Pasca diperbaiki oleh Perum Jasa Tirta (PJT) II, tanggul irigasi “SS Bulak Mangga” di Desa Wanajaya, Kecamatan Cibitung yang jebol  pada Senin 23 September 2019 lalu akhirnya mulai beroperasi kembali.

BACA: Tanggul SS Bulak Mangga Belum Diperbaiki, Petani di Utara Kabupaten Bekasi Terancam Gagal Panen

Bacaan Lainnya

Anggota DPR RI, Obon Tabroni mengapresiasi upaya yang dilakukan oleh PJT II. Meski demikian, debit air yang mengalir di tanggul tersebut masih belum maksimal.

“Kita sudah cek dan saat ini air memang sudah mengalir lagi, cuma memang kapasitasnya sedikit diturunin karena kalau kapasitasnya full khawatir jebol lagi,” ungkapnya, Kamis (17/10) malam.

Menurut Obon, sawah milik para petani di lima kecamatan yang sebelumnya kekeringan, perlahan pasokan airnya sudah mulai terpenuhi. “Kebutuhan air untuk sawah di Cibitung, Tambelang dan Sukawangi saat ini sudah terpenuhi, cuma memang petani  yang di Tambun Utara dan di sebagian Cabangbungin itu masih kesulitan. Airnya belum nyampe kesana,” tuturnya.

Obon mengaku telah meminta PJT II agar bergerak cepat memperbaiki tanggul agar air dapat mengalir seperti sediakakala. Pasalnya, keberadaan tanggul  SS Bulak Mangga memang cukup vital buat masyarakat. Selain, digunakan untuk mengairi ribuan hektar sawah milik petani, air di saluran irigasi tersebut juga diketahui menjadi sumber air baku bagi PDAM.

“Makanya saya minta mereka kerjanya full 24 jam,  tambah orang supaya kerjaannya lebih cepet. Pertama supaya persoalan selesai dan kedua mengantisipsi datangnya musim hujan. Kalau CBL banjir mereka gimana ngecornya? Makanya ini perlu diantisipasi juga,” kata dia.  (BC)

Pos terkait