Ilustrasi: Salah seorang pengendara saat melintasi jalan yang beralas batu di Desa Ridomanah Kecamatan Cibarusah.
Ilustrasi: Salah seorang pengendara saat melintasi jalan yang beralas batu di Desa Ridomanah Kecamatan Cibarusah.

Pembangunan Infrasruktur di Kabupaten Bekasi Akan Dipercepat, Lelang Proyek Digelar Awal Tahun

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG PUSAT  – Pemerintah Kabupten Bekasi berkomitmen untuk mempercepat realisasi pembangunan di tahun 2021 ini. Bahkan pada triwulan pertama, proyek infrastruktur diyakini mulai berjalan.

Percepatan ini dilakukan setelah dalam beberapa tahun terakhir, pembangunan fisik baru dikerjakan pada semester kedua. Tidak sedikit proyek pembangunan yang baru digelar di triwulan akhir, bahkan jelang akhir tahun.

Akibat realisasi pembangunan terlambat, tidak sedikit proyek yang dikerjakan tidak maksimal lantaran keterbatasan waktu. Bahkan, ada pula yang justru tidak selesai. Dengan kondisi ini, warga pun tidak dapat menikmati hasil pembangunan seperti yang dijanjikan pemerintah.

“Kondisi tersebut jangan sampai terulang lagi tahun ini. Makanya, percepatan sedang kami lakukan agar pembangunan benar-benar dikerjakan dengan maksimal hasilnya,” kata Bupati Bekasi, Eka Supria Atmaja, Selasa (05/01).

Untuk merealisasi percepatan pembangunan itu, lanjut Eka, Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) bakal ditandatangani pekan ini. Setelah itu, berbagai program dapat mulai berjalan, termasuk pembangunan infrastruktur.

“Pokoknya DPA ini harus minggu pertama Januari ini harus sudah ditandatangani, selanjutnya tinggal tahapan-tahapan lainnya sampai seluruh program dapat mulai terealisasi. Seperti pembangunan, sudah mulai disiapkan lelangnya dan Maret sudah bisa berjalan,” ucap dia.

Seperti diketahui, Anggaran Pendapatan Belanja Daerah Kabupaten Bekasi 2021 sebesar Rp 6,67 triliun. Sesuai dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah 2017-2022, postur anggaran di tahun keempat ini akan difokuskan pada pembangunan sumber daya manusia dan infrastruktur.

Eka mengatakan, pembangunan SDM bakal dititikberatkan pada penyerapan tenaga kerja serta peningkatan kualitas manusia melalui pendidikan. “Jadi untuk pembangunan Pendidikan, selain kualitas pendidikannya ditingkatkan, sarananya juga kami tingkatkan dengan merehabilitasi sekolah dan membangun unit sekolah baru,” ucap dia.

Sedikitnya Rp 192,2 miliar disiapkan khusus untuk pembangunan di sekolah. Anggaran itu bakal digunakan untuk pembangunan sekolah baru dan perbaikan ratusan ruang kelas rusak, baik di sekolah dasar maupun menengah pertama.

“Pembangunan ini jangan sampai baru dikerjakan pas mau tahun berakhir, saya minta dipercepat agar ketika nanti anak sekolah masuk sekolah, bangunannya sudah bagus,” kata dia. (BC)

Baca Juga

Pemberian vaksin bagi para lansia di Distrik 1 Meikarta, Desa Cibatu, Kecamatan Cikarang Selatan, Kamis (18/03).

Kabupaten Bekasi Targetkan 187.252 Lansia Divaksin Covid-19

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG PUSAT  – Sebanyak 187.252 lanjut usia (lansia) menjadi sasaran vaksinasi di Kabupaten Bekasi. …

Kunjungi Kabupaten Bekasi, DPR RI Dorong Pemerintah Percepat Pembelajaran Tatap Muka

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG PUSAT – Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) mendorong pemerintah segera merealisasikan …