Miliki Perpustakaan dengan Arsitektur Unik, Pemkab Bekasi Komitmen Tingkatkan Minat Baca

Gedung Perpustakaan Daerah (Perpusda) di Kecamatan Cikarang Selatan
Gedung Perpustakaan Daerah (Perpusda) di Kecamatan Cikarang Selatan

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG SELATAN – Kabupaten Bekasi saat ini telah memiliki gedung Perpustakaan Daerah (Perpusda) di Kecamatan Cikarang Selatan. Bangunan yang berdiri di lahan 2.000 m2 ini memiliki desain arsitektur yang unik menyerupai sebuah buku yang sedang dibuka pada bagian atapnya dan buku yang sedang disusun pada bagian depan bangunannya.

Kepala Bidang (Kabid) Bangunan Negara Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Bekasi, Benny Sugiarto Prawiro mengatakan, gedung Perpusda di bangun pada 2018 lalu dengan alokasi anggaran sebesar Rp 9.405.250.000.

“Gedung Perpusda dibangun dua lantai dengan luas bangunan 1.640m2. Di dalam gedung itu terdapat ruang baca, ruang koleksi buku, ruang pameran dan ruangan lainnya. Desain gedungnya memiliki desian arsitektur yang unik,” katanya, Kamis (12/03).

Benny mengungkapkan, saat ini pihaknya tengah mengusulkan anggaran untuk pembangunan sarana penunjang lainnya pada gedung Perpusda. Usulan itu rencananya akan diusulkan pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) perubahan atau Anggaran Biaya Tambahan (ABT) 2020.

“Sarana penunjang lainnya, seperti interior dinding partisi, AC dan kelistrikan. Selain itu kita mengusulkan sarana penunjang lainnya seperti taman. Di ABT ini coba kita ajuin sekitar Rp 400 juta. Rp 200 juta interior dinding partisi dan Rp 200 juta untuk paving blok serta taman,” ucap Benny.

Peningkatan ketersediaan perpustakaan di setiap wilayah menjadi penting. Sesuai Rencana Kerja Pemerintah (RKP) Pusat Tahun 2020 memberikan arah kebijakan pembangunan perpustakaan sebagai prioritas nasional demi membangun sumber daya manusia (SDM) serta meningkatkan kemajuan dan pelestarian kebudayaan yang memperkuat karakter dan jati diri bangsa, sekaligus peningkatan budaya literasi, inovasi serta kreativitas.

Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Bekasi, Dedi Supriyadi mengatakan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi berkomitmen meningkatkan minat baca bagi masyarakat. Menurut dia perpusatakaan daerah menjadi salah satu sarana pendidikan untuk mendukung program pemerintah mewujudkan SDM unggul.

“Perpustakaan menjadi salah satu lembaga yang dapat memastikan setiap warga negara memperoleh akses pengetahuan secara terbuka. Kami berharap akan ada banyak gedung Perpusda di Kabupaten Bekasi,” katanya. (**)

Pos terkait