Sejumlah warga tampak hadir dan masih menaruh harapan besar pada kegiatan Job Fair yang diselenggarakan Pemkab Bekasi di belakang Gedung OSO Grand Wisata Kecamatan Tambun Selatan, Kamis (04/08).
Sejumlah warga tampak hadir dan masih menaruh harapan besar pada kegiatan Job Fair yang diselenggarakan Pemkab Bekasi di belakang Gedung OSO Grand Wisata Kecamatan Tambun Selatan, Kamis (04/08).

Menarik : Pemberdayaan UMKM Solusi Atasi Pengangguran di Kabupaten Bekasi

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG PUSAT – Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Bekasi mendata jumlah pengangguran di Kabupaten Bekasi sebesar 10% dari jumlah angkatan kerja di Kabupaten Bekasi yang mencapai 1.494.680 orang.

Kepala Seksi Statistik Sosial Badan Pusat Statistik Kabupaten Bekasi, Mina Nuraini mengatakan bahwa jumlah tersebut dipengaruhi urbanisasi mengingat Kabupaten Bekasi merupakan daerah industri yang diminati para pendatang.

“Memang cukup besar juga pengaruh urbanisasi di Kabupaten Bekasi karena memang termasuk daerah tujuan pendatang,” kata Mina.

Menyikapi hal ini, Bakal Calon Bupati Bekasi sekaligus Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Bekasi dari pasangan Menarik, Meilina Kartika Kadir mengaku sudah mempersiapkan sejumlah program untuk menekan tingginya angka pengangguran di Kabupaten Bekasi.

“Pengangguran di kita cukup banyak. Jadi sangat mengerikan kalau ini tidak kita berdayakan sebaik mungkin,” kata Melly, panggilan Meilina Kartika Kadir.

Dia pun menjelaskan bahwa pihaknya sudah berdiskusi dengan Walikota Bandung, Ridwan Kamil untuk mengatasi persoalan ini termasuk dengan Menteri Tenaga Kerja (Menaker) RI, Muhammad Hanif Dhakiri.

“Ternyata banyak sekali program yang bisa diberikan pemerintah pusat untuk mengatasi persoalan ini. Tetapi kenyataannya, pemerintah kita (Kabupaten Bekasi-red) saat ini seolah tidak mau membuka akses ke pusat, malas dan sedikit tidak peduli,” ucapnya.

Kedepannya, selain mendirikan BLK (Balai Latihan Kerja) dan mensinergikan SMK yang ada di Kabupaten Bekasi dengan pihak investor di dunia industri, pasangan Menarik (Meilina Kartika Kadir – Abdul Kholik) juga akan menggenjot tumbuhnya Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kabupaten Bekasi.

“Kami tentunya berkomitmen untuk memberikan kredit modal kerja maupun pemasaran dan sebagainya sehingga pembinaan yang dilkukan secara real dan nyata,” kata dia.  (BC)

Baca Juga

Menurut Junaedi, pelaku UMKM di Kabupaten Bekasi harus terus diperjuangkan agar dapat bertumbuh banyak. Selain menjadi penopang ekonomi masyrakat, UMKM juga dapat menjadi solusi untuk menurunkan angka kesmiskinan di Kabupaten Bekasi.

‘Ajuk’ Junaedi Komitmen Kembangkan UMKM di Kabupaten Bekasi

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG UTARA – Junaedi, Calon Legislastif (Caleg) dari Daerah Pemilihan 6 Kabupaten Bekasi yang …

Salah seorang warga saat melihat sejumlah produk UMKM yang dipamerkan di gedung Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Bekasi.

Lindungi Sektor Usaha Mikro, DPRD Kabupaten Bekasi Bahas Raperda UMKM

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG PUSAT – Komisi II DPRD Kabupaten Bekasi mengajukan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Inisiatif …