BNPB Bantu Rp500 Juta Untuk Tanggap Darurat Banjir di Kabupaten Bekasi

Kepala BNPB Letjen TNI Doni Monardo saat berdialog terakit dengan penanganan bencana banjir di Kabupaten Bekasi, Rabu (26/09).
Kepala BNPB Letjen TNI Doni Monardo saat berdialog terakit dengan penanganan bencana banjir di Kabupaten Bekasi, Rabu (26/09).

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG PUSAT  – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyerahkan bantuan sebesar Rp 500 juta untuk digunakan selama masa tanggap darurat bencana di wilayah Kabupaten Bekasi.

Bantuan diserahkan oleh Kepala BNPB Letjen TNI Doni Monardo saat berkunjung ke kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bekasi, Rabu (26/09).

Bacaan Lainnya

Bantuan dana siap pakai itu diterima langsung Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Bekasi, Adeng Hudaya didampingi Dandim 0509/Kab.Bekasi, Letkol Inf. Perry Sitompul.

Usai menyerahkan bantuan, Doni juga menyempatkan diri untuk mengunjungi sejumlah titik banjir di Kabupaten Bekasi. Salah satunya adalah di Kp. Parunglesang, Desa Pasiranji, Kecamatan Cikarang Pusat.

Dalam kesempatan itu, Doni menjelaskan solusi terbaik untuk jangka panjang ke depan ialah harus timbulnya kesadaran masyarakat untuk menjaga ekosistem.

“Kalau perilaku ini tidak diperbaiki, akan terus muncul berbagai kerusakan. Kejadian bencana ini juga akibat ulah manusia juga. Kita jaga alam dan alam jaga kita,” kata dia.

Sebagaimana diketahui, sebanyak 20 Kecamatan di Kabupaten Bekasi kembali dilanda banjir pada Selasa (25/02) kemarin. Kondisi ini membuat Pemerintah Kabupaten Bekasi menetapkan status tanggap darurat dimulai sejak tanggal 25 Februari sampai dengan 2 Maret 2020. (BC)

Pos terkait