Kepala Dinas PUPR Kabupaten Bekasi, Jamaludin
Kepala Dinas PUPR Kabupaten Bekasi, Jamaludin

Timbunan Jalan Pendekat Jembatan Pantai Bakti Ambrol, Kadis PUPR Instruksikan Pemborong Pasang Sheet Pile

BERITACIKARANG.COM, MUARAGEMBONG – Timbunan jalan pendekat pada proyek pembangunan tahap pertama Jembatan Pantai Bakti di Kecamatan Muaragembong ambrol pada Rabu (07/02) lalu.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Bekasi, Jamaludin menjelaskanya ambrolnya timbunan jalan pendekat pada proyek itu disebabkan karena debit air sungai Citarum tinggi.

“Jadi kemarin itu kan memang banjir sehingga tanahnya longsor,” kata Jamaludin, Senin (26/02).

Sebagai antisipasi, sambungnya, pihaknya sudah mengintruksikan pelaksana proyek untuk tidak hanya melakukan sekedar pemadatan namun juga memasang sheet pile.

“Itu kan pembangunan tahap pertama dan kemaren memang baru dilakukan pemadatan saja. Tetapi sekarang sudah saya instruksikan untuk menggunakan sheet pile. Itu tanggung jawab pemborong karena kan statusnya masih dalam tahap pemeliharaan,” ucapnya.

Bahkan, selain memasang sheet pile dirinya pun sudah meminta agar ditambah dengan batu kali sebagai penahan sekaligus ditanami pepohonan untuk penghijauan.

Sebagaimana diketahui, pekerjaan tahap pertama jembatan yang menghubungkan antara Desa Pantai Mekar dengan Desa Pantai Bakti dengan panjang sekitar 120 meter ini menelan biaya lebih dari Rp 16 miliar dari APBD murni Tahun 2017.

Sementara untuk pembangunan tahap kedua baru akan dilakukan setelah proses lelang tahun ini selesai dengan pagu anggaran sebesar Rp. 40 miliar dari APBD murni Tahun 2018.

“Total untuk pembangunan ini sekitar Rp. 56 miliar dan diharapkan di tahun 2019 nanti jembatan ini  sudah bisa digunakan oleh masyarakat,” kata dia. (BC)

Baca Juga

Barang bukti berupa 18 potong besi ulir sepanjang 1,20 meter dengan diameter 2,5 inchi yang diamankan di Mapolsek Cikarang Selatan.

Material Curian Proyek Tol Jakarta Cikampek Dijual Ke Tukang Besi di Kalimalang

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG SELATAN  – Peristiwa pencurian 18 batang besi ulir yang digunakan untuk proyek pembangunan …

error: