Terjunkan Tim Investigasi, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bekasi Selidiki Pencemaran di Kali Sadang

Kondisi air Kali Sadang pada Jum'at (22/06) kembali terlihat normal atau sudah tidak berwarna merah.
Kondisi air Kali Sadang pada Jum'at (22/06) kembali terlihat normal atau sudah tidak berwarna merah.

BERITACIKARANG.COM, CIBITUNG –  Air di Kali Sadang berubah warna menjadi berwarna merah pada Kamis (21/06) kemarin. Warna air Kali Sadang yang melintasi Desa Wanajaya dan Kelurahan Wanasari Kecamatan Cibitung itu biasanya agak kecoklatan.

BACA : Viral di Medsos! Air Kali Sadang di Perum Villa Mutiara Cibitung Berwarna Merah

Bacaan Lainnya

Saat dikonfirmasi mengenai hal ini, Kepala Bidang Evaluasi dan  Pengendalian di Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bekasi, Agus Dahlan mengatakan pihaknya telah menerjunkan tim untuk mengetahui pelaku pembuangan limbah di Kali Sadang.

Selain dari Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bekasi, tim investigasi tersebut juga berasal dari unsur kepolisian dan perwakilan dari petugas kelurahan setempat.

“Tim LH  bersama unsur kepolisian dan kelurahan masih mencari sumbernya mas,” kata Agus Dahlan, Jum’at (22/06) siang.

Petugas juga akan menyidak sejumlah tempat usaha yang berada di bantaran Kali Sadang untuk mengantisipasi pelaku pengolahan dan pembuangan limbah.

“Sampai sekarang belum diketemukan sumbernya karena menyusurinya agak susah,” kata dia.

BACA : Viral di Medsos! Camat Cibitung Bakal Kroscek Dugaan Pencemaran Limbah di Kali Sadang

Kejadian serupa, kata dia, juga pernah terjadi di kali lainnya di Kabupaten Bekasi seperti di Kali Cipegadungan dan Kali Cilemahabang. “Kalau di Kali Cipegadungan itu sumbernya dari kegiatan pencucian drum bekas cat sementara di  Kali Cilemahabang karena adanya kegiatan pencucian karung bekas plastik. Semua kita tindak dan sekarang sudah tutup,” kata dia. (BC)

Pos terkait