Terbentur Waktu, 40 Proyek Pembangunan di Kabupaten Bekasi dihentikan

Proyek pembangunan ruang kelas baru di SDN Mekarsari 09 Tambun Selatan.
Ilustrasi - Proyek pembangunan ruang kelas baru di SDN Mekarsari 09

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG PUSAT  – Sedikitnya 40 proyek pembangunan gedung di Kabupaten Bekasi terpaksa dihentikan. Tidak mencukupinya waktu pengerjaan membuat proyek tersebut tidak dilanjutkan. Sayangnya, mayoritas proyek yang dihentikan di tengah jalan itu merupakan pembangunan sekolah dengan annggaran mencapai Rp 37 miliar.

Plt. Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Bekasi Jamaludin mengatakan, sejumlah proyek dihentikan karena telah memasuki batas akhir tahun anggaran. Penghentian dilakukan per tanggal 27 Desember 2017 dengan capaian seadanya.

“Memang sudah kami lihat, kami hitung dan jadinya (pembangunan) tidak maksimal. Ada beberapa bangunan yang tidak selesai, kami cut off, putus kontrak kemudian kami opname. Ada sekitar 40 bangunan, terutama sekolah,” ucap Jamaludin.

Penghentian proyek pembangunan tersebut merupakan imbas dari terlambatnya proses lelang. Meski demikian, kata Jamaludin, waktu yang sempit sebenarnya telah disampaikan pada pemborong sebagai salah satu syarat yang harus dipenuhi. Hanya saja, syarat tersebut tidak mampu disanggupi sehingga proyek disetop dan kontrak dihentikan.

“Total anggarannya Rp 37 miliar tapi saya mau tegas. Maka tidak boleh lagi tanggal 27 mereka masih kerja, pokoknya tidak akan saya bayar. Kalau mereka tetap mengerjakan, terserah, tapi tidak akan dibayar,” ucap dia.

Kendati dihentikan, lanjut Jamaludin, keempat puluh proyek tersebut kembali dianggarkan pada 2018. Namun, dia memastikan, pengerjaan lanjutan bakal dilakukan oleh pemborong lainnya dengan sistem lelang.

“Jadi proyek dihentikan kemudian kami opname lalu sisa pengerjaannya dianggarkan lagi di 2018. Sedangkan pemborong yang kami putus kontraknya ini, kami siapkan terguran hingga sanksi black list, artinya hingga tiga tahun ke depan mereka tidak boleh lagi mengikuti lelang,” tegasnya. (BC)

Pos terkait