Situ Rawa Abidin | Foto : Aninditha Si Andit‎
Situ Rawa Abidin | Foto : Aninditha Si Andit‎

Situ Rawa Abidin Akan Diprioritaskan Jadi Tempat Wisata di Kabupaten Bekasi

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG PUSAT  – Sejumlah situ yang ada di Kabupaten Bekasi akan segera ditata oleh Pemerintah Kabupaten Bekasi untuk dijadikan sebagai destinasi atau objek wisata.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Bekasi, Agus Trihono mengatakan Pemerintah Daerah saat ini tengah melakukan kajian teknis untuk  mempercantik situ-situ tersebut. “Keberadaannya sedang kita lakukan kajian dan tahun ini (kajian teknis) sudah selesai. Status tanah dari situ tersebut tentunya menjadi prioritas karena ini menyangkut dengan penggunaan keuangan daerah. Kalau kedepan bermasalah tentu akan kita pending dulu,” ucapnya, Jum’at (24/11).

Menurut dia, dari sekian banyak situ yang ada di Kabupaten Bekasi status tanah yang tergolong aman untuk dibangun adalah Situ Abidin yang berada di Desa Karangmulya Kecamatan Bojongmangu karena statusnya adalah Tanah Kas Desa (TKD). Sementara situ yang lainnya, Pemkab Bekasi harus berkordinasi terlebih dahulu baik dengan kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), serta pihak perusahaan/swasta/pengembang perumahan.

“Banyak yang mesti duduk bareng karena sebagian besar lahan di situ tersebut juga banyak dikuasasi oleh swasta. Kalau Situ Abidin ketika kita sepakat, tinggal keinginan kita mau dibuat seperti apa nantinya,” ucapnya.

Jika situ tersebut nantinya sudah ditetapkan untuk dibangun menjadi objek wisata, kata Agus, maka kedepannya harus ada fasilitas pendukung objek wisata tersebut dengan memberdayakan masyarakat sekitar. “Fasilitas-fasilitas pendukunganya seperti apa saat ini masih dalam tahap kajian oleh pihak konsultan,” ucapnya.

Selain memproyeksikan Situ Rawa Abidin,  pengembangan kawasan wisata juga rencananya akan dilakukan di Situ Cibeureum yang berada di Desa Lambangsari Kecamatan Tambun Selatan. Selain itu Pemkab Bekasi juga membangun Kawasan Agrowisata di Desa Kertarahayu Kecamatan Setu serta Wisata Bahari di Kecamatan Muaragembong. (BC)

Baca Juga

Yasril dan Yoppi, dua pemain Persikasi yang juga ikut terlibat di tim sepakbola Kabupaten Bekasi untuk Porda XIII Jawa Barat ikut diboyong saat menghadapi Persem Mojokerto, Senin (24/09) mendatang.

Bersiap Hadapi Persem Mojokerto, Persikasi Boyong 25 Pemain

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG PUSAT  – Klub sepakbola asal Kabupaten Bekasi, Persikasi berangkat ke Kota Mojokerto, Provinsi …

error: