Serapan Anggaran Pemkab Bekasi Terancam! Hingga April Ini, Baru 6 Paket yang Selesai Dilelang

Kepala ULP Kabupaten Bekasi Yan Yan Ahmad Kurnia
Kepala ULP Kabupaten Bekasi Yan Yan Ahmad Kurnia

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG PUSAT  – Hingga April 2018 ini tercatat ada sekitar 90 paket kegiatan Satuan Perangkat Kerja Daerah (SKPD) yang diterima Unit Layanan Pengadaan (ULP) Kabupaten Bekasi.

Kepala Bagian ULP Kabupaten Bekasi, Yan Yan Akhmad Kurnia mengatakan dari 90 paket kegiatan tersebut, 6 diantaranya sudah diketahui hasil lelangnya.

BACA : Sukseskan Pembangunan di Kabupaten Bekasi, ULP Dukung Lelang Berkualitas dan Sesuai Aturan

“Kurang lebih ada 90-an yang sudah kita terima dan baru ada 6 yang sudah diketahui hasil lelangnya,” kata Yan Yan Akhmad Kurnia, Kamis (12/04).

Ditambahkan Yan Yan, dari jumlah tersebut mayoritas paket yang dilelang adalah jasa konsultan perencanaan. Sementara untuk lelang jasa kontruksi masih sedikit.

“Banyaknya jasa konsultan perencanaan. Kalau untuk jasa kontruksi masih sedikit,” kata dia.

Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Bekasi, H. Kardin  berharap agar SKPD teknis dapat segara melakukan lelang kegiatan dan mendorong agar realisasi pengerjaan fisik dapat dilaksanakan secepatnya di lapangan.

“Kita sudah mewanti-wanti agar anggaran yang sudah dikucurkan untuk pembangunan fisik bisa terealisasi maksimal,” kata H. Kardin.

Ia pun mengingatkan agar realisasi fisik segera digiatkan sehingga nantinya tidak terjadi penumpukan di akhir tahun anggaran. Apalagi, saat ini sudah memasuki triwulan kedua tahun 2018.

“Kalau numpuk di akhir tahun anggaran kita kwahatir nantinya realisasi pekerjaan tersebut terkesan tergesa-gesa dengan resiko program yang kurang optimal,” ucapnya.

Politisi Partai Golkar ini menambahkan, jika terkendala suatu persoalan sehingga lelang belum dilakukan SKPD dapat berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait. Hal ini bertujuan untuk memacu realisasi penyerapan anggaran dan pelaksanaan kegiatan fisik.

“Sehingga saat pembahasan anggaran perubahan tahun anggaran 2018 nanti juga bisa bisa berjalan optimal sebagaimana mestinya,” ungkap pria yang juga menjabat sebagai anggota Badan Anggaran DPRD Kabupaten Bekasi ini. (BC)

Pos terkait