Ketua Umum LSM Sniper Indonesia, Gunawan
Ketua Umum LSM Sniper Indonesia, Gunawan

Seleksi Panwascam Banyak Diisi Wajah Lama dan Dinilai Memiliki ‘Track Record’ Buruk

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG TIMUR – Seleksi Panwaslu Kecamatan yang tengah berlangsung, diharapkan mengedepankan semangat demokrasi dan menghindari kepentingan politik, hal ini diungkapkan Ketua Umum LSM Sniper Indonesia, Gunawan.

Menurutnya, dalam proses penyeleksian terdapat beberapa nama yang kentara berafiliasi dengan partai politik tertentu, selain itu terdapat wajah-wajah lama yang dinilainya memiliki trackrecord yang buruk.

“Saya berharap untuk panwas yang lagi dalam proses seleksi, pokjanya harus selektif memilih, apalagi banyak wajah lama yang rekam jejaknya buruk,” ujar Gunawan.

Ia mencontohkan, pada gelaran pemilihan Bupati/Wakil Bupati lalu, Panwascam Cikarang Timur tidak memiliki integritas bahkan cenderung berafiliasi dengan partai tertentu.

“Waktu Pilkada Bupati kemarin, Panwas dan Satpol PP mencabut dengan sembarangan banner pasangan calon yang saya pasang dirumah saya, padahal aturannya gak boleh cabut, belum lagi ada juga yang tertangkap kamera salam lima jari, padahal itu orang Panwascam yang tugasnya mengawasi, bukan mendukung salah satu pasangan calon,” kata dia.

Oleh karena itu, pihaknya berpesan kepada Panwas Kabupaten Bekasi untuk lebih selektif dalam menentukan kualitas calon panwas kecamatan sehingga panwascam dapat menjalankan fungsi-fungsi pengawasan yang sesuai dengan harapan masyarakat dan amanat perundang-undangan.

Terpisah, Kepala Sekteriat Panwaslu Kabupaten Bekasi, Rama B. Matandung saat ditemui beberapa waktu lalu menjelaskan jika ada aduan ataupun masukan dari masyarakat terhadap figur calon anggota Panwascam, pihaknya akan menerimanya. Aduan ataupun masukan tersebut dapat langsung dikirimkan ke Sekretariat Panwaslu Kabupaten Bekasi, selambat-selambatnya Selasa 17 Oktober 2017 sekitar pukul 16.00 WIB. (BC)

Baca Juga

Bandar Arisan Online Mama Yona ditangkap, Ini Aset yang disita Polisi

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG UTARA – Polisi telah menangkap pelaku penipuan berkedok arisan online di group Facebook …

error: Content is protected !!