Satgas Pangan Polres Metro Bekasi Siap Tindak Penimbun Sembako

Jengkol Pasar Induk Cibitung
Jengkol Pasar Induk Cibitung

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG PUSAT  – Untuk menjaga ketersediaan dan kestabilan harga bahan makanan pokok menjelang bulan suci Ramadhan 1438 Hijriah dan Lebaran 2017 Polres Metro Bekasi telah membentuk Tim Satgas Pangan.

Kapolres Metro Bekasi, Kombespol Asep Adi Saputra mengatakan Tim Satgas Pangan dibentuk sesuai dengan arahan Kapolri. “Hal utama yang akan dilakukan adalah bagaimana melakukan pencegahan terjadinya tindakan-tindakan yang bersifat monopoli, kartel yang dilakukan oleh pihak-pihak tertentu dengan memainkan harga bahkan menimbun bahan makanan pokok,” ucapnya, Rabu (17/05).

Bacaan Lainnya

Ia menuturkan bahwa Satgas Pangan tersebut sudah diterjunkan sejak awal Mei 2017 lalu dengan melakukan penelusuran di sejumlah pasar yang berada di wilayah Kabupaten Bekasi. Kesimpulan sementara, harga kebutuhan makanan pokok masih stabil.

“Sejauh ini Satgas Pangan sudah berjalan. Dan kesimpulan sementara harga masih dalam kondisi yang stabil di lapangan,” ucapnya.

Kapolres memastikan pihaknya tidak akan segan untuk menindak para pelaku penimbunan bahan makanan pokok.  “Kami siap menangkap dan memproses hukum penimbun bahan makanan pokok,” tegasnya.

Untuk diketahui, pelaku penimbun bahan makanan pokok, akan dikenakan pidana sesuai Pasal 133 Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2012 tentang Pangan dengan ancaman penjara 7 tahun atau denda paling banyak Rp. 100 miliar dan Pasal 104 Undang- Undang Nomor 7 Tahun 2014 tentang Perdagangan dengan ancaman pidana penjara paling lama lima tahun atau denda Rp. 50 miliar. (BC)

Pos terkait