Ribuan Narapidana di Lapas Cikarang Ikut Pesantren Ramadhan

Pengalungan tanda peserta oleh Ketua Baznas Kabupaten Bekasi di acara pembukaan Pesantren Ramadhan di Masjid At-Taubah, Komplek Lapas Cikarang, Desa Pasir Tanjung Kecamatan Cikarang Pusat, Kamis (24/05).
Pengalungan tanda peserta oleh Ketua Baznas Kabupaten Bekasi di acara pembukaan Pesantren Ramadhan di Masjid At-Taubah, Komplek Lapas Cikarang, Desa Pasir Tanjung Kecamatan Cikarang Pusat, Kamis (24/05).

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG PUSAT  – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Cikarang melakukan pembinaan kepada warga binaan atau narapidana melalui kegiatan Pesantren Ramadhan.

Kegiatan ini terselenggara berkat kerjasama yang dibangun antara Lapas Kelas III Bekasi dengan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Bekasi.

Bacaan Lainnya

Kepala Lapas Kelas III Bekasi,  Kadek Anton Budiharta menjelaskan kegiatan Pesantren Ramadhan ini akan berlangsung selama 20 hari yakni dari tanggal 24 Mei – 12 Juni.

“Kegiatan ini diikuti  1500 orang lebih warga binaan di Lapas Cikarang yang beragama Islam, ” kata Kadek Anton Budiharta saat ditemui di sela-sela pembukaan Pesantren Ramadhan di Masjid At-Taubah,  Komplek Lapas Cikarang, Desa Pasir Tanjung Kecamatan Cikarang Pusat,  Kamis (24/05).

Adapun materi yang disampaikan selama kegiatan ini berlangsung,  diantaranya meliputi materi Tauhid, Fiqih dan Tahfizhul Qur’an. “Untuk materi dan narasumber, semuanya disiapkan oleh Baznas Kabupaten Bekasi, ” ucapnya.

Melalui kegiatan pesantren Ramadhan ini, kata dia, tentunya diharapkan mampu meningkatkan nilai keimanan dan ketakwaan warga binaan kepada Allah SWT, memberikan momentum nilai nilai keislaman bagi warga binaan, memupuk silaturahim sesama warga binaan di dalam lingkungan Lapas, serta mengamalkan nilai nilai keislaman dan meningkatkan kerukunan penghuni Lapas dengan lingkungan sekitar.

Sementara itu Ketua Baznas Kabupaten Bekasi, Abdul Aziz mengatakan sejak terbentuk pada tahun 2016 lalu, kerjasama Baznas dengan Lapas Cikarang telah memasuki tahun kedua dan direncakan terus berlangsung setiap tahunnya.

“Insya allah (kerjasama seperti ini akan terus berlanjut tiap tahunnya-red), mudah-mudahan kita diberi keistiqomahan dan kegiatan-kegiatan seperti ini bisa kita support,” ucapnya.

Dalam kegiatan Pesantren Ramadhan ini, sambungnya,Baznas Kabupaten Bekasi mensupport materi dan pemberi materi bagi warga binaan. “Kita melibatkan banyak pihak, diantarnya dari Kementrian Agama Kabupaten Bekasi, Dompet Dhuafa, Komunitas Kampung Qur’an Cikarang,” tandasnya. (BC)

Pos terkait