Koordinator JPRR Kabupaten Bekasi saat mengunjungi Pojok Pengawasan di Kantor Panwaslu Kabupaten Bekasi | Foto : Affif Ardhila
Koordinator JPRR Kabupaten Bekasi saat mengunjungi Pojok Pengawasan di Kantor Panwaslu Kabupaten Bekasi | Foto : Affif Ardhila

Panwaslu Ajak Masyarakat Kabupaten Bekasi Manfaatkan ‘Pojok Pengawasan’

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG SELATAN – Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Bekasi mendorong masyarakat ikut berpartisipasi memantau jalannya Pemilihan Umum dengan memanfaatkan Pojok Pengawasan yang berada di kantor Panwaslu Kabupaten Bekasi yang berada di Perumahan Central Park, Desa Karang Raharja Kecamatan Cikarang Utara.

Ketua Panwaslu Kabupaten Bekasi, Saiful Bachri mengatakan Pojok Pengawasan yang notabene merupakan ruang terbuka untuk masyarakat umum ini diharapkan dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin oleh masyarakat untuk mengawal proses pemilu khususnya Pilgub Jawa Barat yang akan digelar di tahun 2018 ini.

“Selain dapat berpartisipasi melakukan pengawasan, masyarakat juga akan mendapatkan pengetahuan tentang Pemilu” kata Saiful Bachri saat ditemui disela-sela acara Sosialiasi Pojok Pengawasan Partisipastif di Hotel Sahid Lippo Cikarang, Minggu (25/02) sore.

Dengan adanya Pojok Pengawasan di kantor Panwaslu ia berharao stigma masyarakat yang sebelumnya beranggapan bahwa Kantor Lembaga Pengawas Pemilu  itu ‘angker’ dapat berubah menjadi lebih menyenangkan karena masyarakat diperbolehkan datang, baik untuk mencari informasi ataupun memperdalam informasi tentang Pemilu dengan sarana informasi yang ada.

“Karena selain menjadi tempat untuk berinteraksi antara masyarakat dengan lembaga pengawas itu sendiri, Pojok Pengawas juga menjadi tempat edukasi bagi masyarakat yang dilengkapi dengan perpustakaan, koran, dan sumber informasi lainnya yang berkaitan dengan Pemilu,” kata dia.

Saiful menambahkan, Panwaslu Kabupaten Bekasi akan terus memperbaharui dan menyempurnakan sarana informasi di Pojok Pengawasan sehingga masyarakat bisa mengupdate informasi secara berkala.

Sementara itu Peneliti Senior Jaringan Pendidikan Pemilih Rakyat (JPRR), Yusfitriadi  mengapresiasi upaya Panwaslu Kabupaten Bekasi dengan menyediakan Pojok Pengawasan. “Saya apresiasi ini dan saya akui ini adalah niat baik Panwas untuk memberikan media atau tempat kongkow bagi masyarakat untuk menggali berbagai informasi terkait Pemilu,” ucapnya.

Tetapi, kata dia, Panwaslu juga harus siap baik dari segi SDM serta kebutuhan informasi bagi masyarakat yang nantinya akan datang. “Masyarakat disana itu harus terlayani dengan baik jangan sampai tidak. Kalau masyarakat kita tidak terlayani maka itu tidak akan efektif,” kata dia. (BC)

Baca Juga

Striker Persikasi, Yusril Rahmadhwan saat mencoba melewati hadangan pemain bertahan Prima FC Cimahi dalam laga uji coba di Lapangan Secapa AD Bandung, Selasa (24/04) lalu.

Jelang Kick Off Liga 3, Peno Suyatno Ingatkan Pemain Persikasi Jaga Nama Baik Kabupaten Bekasi

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG PUSAT – Jelang kick off Liga 3 Jawa Barat, para pemain Persikasi diingatkan …

error: Content is protected !!