Persiapan pelepasan rombongan Takbir Keliling di pertigaan Jurong – Jl. Raya Industri, Desa Pasir Gombong, Kecamatan Cikarang Utara, Kamis (14/06) malam
Persiapan pelepasan rombongan Takbir Keliling di pertigaan Jurong – Jl. Raya Industri, Desa Pasir Gombong, Kecamatan Cikarang Utara, Kamis (14/06) malam

Malam Lebaran 2018, Ribuan Masyarakat Kabupaten Bekasi Ikut Takbir Keliling

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG UTARA  – Ribuan masyarakat Kabupaten Bekasi, Kamis (14/06) malam mengikuti takbir keliling memperingati Hari Raya Idul Fitri 1439 Hijriah. Kegiatan takbir keliling dipusatkan di pertigaan Jurong Jababeka, Desa Pasir Gombong Kecamatan Cikarang Utara.

Dengan menggunakan kendaraan roda empat dan roda dua, ribuan peserta takbir keliling ini mendapat pengawalan dari Kepolisian Resor Metro Bekasi. Mereka berkeliling mengumandakan takbir dalam rangka menyambut hari kemenangan.

Ketua Penyelanggara Takbir Keliling, H. Acep Jaelani menjelaskan kegiatan tersebut merupakan tradisi menyambut Hari Raya Idul Fitri yang telah dilakukannya sejak 33 tahun lalu.

“Kegiatan takbir keliling ini saya ciptakan sejak tahun 1985 dan sampai sekarang 2018 Alhamdulillah takbir keliling ini berjalan lancar sampai ke 33 tahun,” kata H. Acep Jaelani.

Kesuksesan acara ini, sambungnya, tidak luput dari dukungan semua pihak yang turut andil baik unsur Polri, TNI dan semua elemen masyarakat Kabupaten Bekasi.

“Rute biasanya kita Cikarang – Karawang – Bekasi, tetapi karena tidak memungkinkan cukup dari titik start menuju putaran Cibitung kemudian ke perbatasan Kabupaten Bekasi – Karawang dan finish di sini lagi,” ucapnya.

Ia pun menegaskan kegiatan takbir keliling ini takbir keliling ini tidak ada kaitannya dengan politik bahkan terbuka  untuk semua golongan. “Tidak ada kaitannya dengan politik kecuali hanya satu yakni untuk menegakan kalimat Allah,” kata dia.

Kasat Binmas Polres Metro Bekasi, AKBP Y Muryono mengatakan sesuai pesan Kapolres Metro Bekasi, Kombes Pol Candra Sukma Kumara para peserta takbir keliling diminta untuk mengikuti apa yang sudah menjadi ketentuan seperti tetap mematuhi peraturan lalu lintas dan tetap menjaga ketertiban umum.

“Jalan yang akan kita lalui bukan hanya kita sendiri yang punya hak, tetapi ada orang lain juga punya hak. Untuk itu sesuai pesan Bapak Kapolres jaga keamanan, jaga ketertiban jangan sampai ada yang kecelakaan,” ucapnya.

Selain itu, iapun menghimbau agar para peserta tetap menjaga soliditas diantara para peserta sehingga tidak ada pihak-pihak tidak bertanggung jawab yang dapat menganggu jalannya Takbir Keliling ini.

Sementara salah seorang peserta Takbir Keliling, Wahyudi menuturkan dengan adanya takbir keliling ini lebih menyemarakan lagi suasana hari raya dan ini tentunya baik untuk terus dilestarikan.

“Bagus terus dikembangkan terus setiap tahunnya, karena ini juga salah satu pemersatu ummat,” tutur pria yang membawa anak dan istrinya untuk ikut serta dalam perayaan takbir keliling ini. (BC)

Baca Juga

Bekasi Bersinar

Slogan Bekasi Bersinar Bakal Diganti?

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG PUSAT  – Slogan Bekasi ‘Bersinar’ yang belakangan ini digaungkan oleh Pemerintah Kabupaten Bekasi …

error: