Prosesi wisuda di Pondok Pesantren An Nawawi Al Islamy yang berada di Kp. Selang Bojong RT 05/01 Kelurahan Wanasari, Kecamatan Cibitung, Minggu (08/10) kemarin.
Proses wisuda di Pondok Pesantren An Nawawi Al Islamy yang berada di Kp. Selang Bojong RT 05/01 Kelurahan Wanasari, Kecamatan Cibitung, Minggu (08/10) kemarin.

Kuasai Kitab Gundul dengan Metode Attadbiqi, Santri Ponpes An Nawawi Al Islamy di Wisuda

BERITACIKARANG.COM, CIBITUNG – Pondok Pesantren An Nawawi Al Islamy yang berada di Kp. Selang Bojong RT 05/01 Kelurahan Wanasari, Kecamatan Cibitung untuk pertama kali mewisuda peserta didiknya yang telah lulus mengikuti program cepat membaca Kitab Kuning (kitab tulisan Arab tanpa harakah) melalui metode Attadbiqi, Minggu (08/10) kemarin.

Kegiatan yang dilaksanakan di halaman utama Pondok Pesantren An Nawawi Al Islamy itu dihadiri langsung oleh Syekhul Ma’had Ponpes An Nawawi Al Islamy sekaligus penyusun metode Attadbiqi, yakni dr. KH. Rohimudin Nawawi.

“Metode ini adalah usaha dari para ulama se-Indonesia untuk mempermudah menguasai Kitab Kuning. Dalam metode ini dasar-dasar membaca Kitab Kuning seperti nahwu, sorof dan balagoh dipermudah,” kata dr. KH. Rohimudin Nawawi.

Ia menjelaskan dalam metode tersebut peserta didik selain dibekali dengan cara memabaca Kitab Kuning yang lebih praktis, juga diiringi dengan musik Qasidah agar peserta didik tidak bosan dan tidak terlalu tegang.

“Kalau dulu untuk bisa membaca Kitab Kuning membutuhkan waktu sekitar 6-7 tahun. Tetapi dengan metode ini dalam waktu 7 bulan, insya Allah kita sudah bisa menguasai Kitab Kuning yang menjadi fardu ain seperti Aqidah, Fiqih dan Ahlaq atau Tasawuf serta bisa memahami Al Qur’an dan Hadist,” ucapnya.

Sementara itu Ketua Yayasan Ponpes An Nawawi Al Islamy,  KH. Muhidin Kamal dalam sambutannya menyampaikan bahwa metode Attadbiqi diharapkan mampu menumbuhkan semangat umat Islam, khususnya generasi muda untuk mempelajari Kitab Kuning ditengah kemajuan teknhologi seperti saat ini dengan mudah dan praktis. (BC)

Baca Juga

Karyo (42) seorang pemudik asal Indramayu saat ditemui usai melaporkan kejadian yang dialaminya di Pos PAM Lampu Merah Cibitung, Senin (18/06) malam.

Sepeda Motor Pemudik Dirampas Kawanan Begal di Cikarang Barat

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG BARAT – Aksi kejahatan jalanan terjadi di jalur pantura Jl. Raya Imam Bonjol …