Keren! Nilai Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) Kabupaten Bekasi Naik

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG PUSAT  – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi mendapatkan peningkatan  kenaikan nilai dalam pengelolaan Kinerja  Instansi Pemerintah (Sakip) Tahun 2017 dari Kemenpan RB Republik Indonesia. Kenaikan ini diperoleh sebagaimana hasil evaluasi yang dilakukan  Kemenpan RB RI dengan  tim evaluator dari Inspektorat Provinsi Jawa Barat pada bulan Oktober tahun 2017 silam.

Untuk diketahui, akuntabilutas kinerja instansi Pemerintah Kabupaten Bekasi pada tahun 2015 mendapatkan nilai 52,11 dan pada tahun 2016 mendapatkan nilai 50,29  atau setara dengan predikat ‘CC’. Sementara untuk tahun 2017  hasil evaluasi akuntabilitas kinerja Instansi Pemkab Bekasi meningkat cukup signifikan dibandingkan dengan  capaian nilai SAKIP tahun 2015 dan 2016, yakni memperoleh nilai 61,79 dengan predikat Baik (B).

Penilaian tersebut menunjukan tingkat efektifitas dan efisiensi penggunaan anggaran Pemerintah Kabupaten Bekasi dibandingkan  dengan capaian kinerjanya, kualitas pembangunan budaya kinerja birokrasi dan penyelenggaraan pemerintahan yang berorientasi pada hasil  sudah menunjukan kinerja yang baik.

Bupati Bekasi Neneng Hasanah Yasin mengatakan, dirinya sebagai kepala daerah mengucapkan rasa syukur atas capaian yang sudah dicapai para Aparatur Sipil Negara (ASN) yang telah berjuang sehingga memperoleh kenaikan nilai dalam penilaian SAKIP Tahun 2017 dari Kementrian Pemberdayaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia dan  tim evaluator Inspektorat tingkat Provinsi Jabar.

Dalam acara pemberian nilai dan penyerahan hasil LHE Sakip yang langsung diberikan oleh Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia (Menpan RB) Asman Abnur ini, Neneng berharap serta mengajak seluruh para perencana di masing – masing Organisai Perangkat Daerah (OPD) perlu bekerja lebih keras lagi supaya pada tahun depan bisa lebih baik lagi.

”Penilaian tersebut merupakan sebagai tolak ukur kami dalam pelaksanaan organisasi dan mengelola pemerintah daerah tingkat madya, yang manfaatnya sebagai pelayanan public yang good government sebagaimana yang menjadi suatu program Kemenpan RB,”kata Neneng.

Ia pun berkeinginan adanya semangat para pemangku jabatan seluruh OPD Pemkab Bekasi, bisa bekerja secara kebersamaan dengan hati yang tulus demi satu tujuan untuk kepentingan public.

”Kami berharap seluruh OPD semakin erat dan antara liding sector atau antar sektoral supaya bisa bekerjasa secara sinergitas. Jadi terbangunnya suatu system organisasi yang baik dengan memiliki satu tujuan untuk kepentingan masyarakat, sebagamana fungsingnya. (ADV/HUMAS)

Pos terkait