Pembacaan fakta integeritas dipimpin oleh Ketua Pengawas Kecamatan (Panwascam) Tambun Selatan, Ardi, Minggu (03/06).
Pembacaan fakta integeritas dipimpin oleh Ketua Pengawas Kecamatan (Panwascam) Tambun Selatan, Ardi, Minggu (03/06).

Jelang Pilgub Jabar, Panwascam Tambun Selatan Lantik 610 Pengawas TPS

BERITACIKARANG.COM, TAMBUN SELATAN – Bertempat di Gedung PGRI Metland Tambun Selatan, Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) Tambun Selatan, melakukan Pelantikan dan Bimbingan Teknis terhadap Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) Se-Kecamatan Tambun Selatan, Minggu (03/06).

Camat Tambun Selatan, Iman Santoso berharap pelaksanaan Pilgub Jabar 2018 lancar dan sukses serta berjalan sesuai dengan apa yang diharapkan semua pihak. Mulai hari ini sampai Pilgub Jabar selesai, seluruh Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) adalah abdi negara dan sangat diharapkan kontribusi dan integritasnya.

“Saya mengucapkan selamat kepada para petugas TPS yang baru dilantik, saya juga berterima kasih kepada semua unsur yang telah mendukung dan mensukseskan acara ini,” ucapnya.

Menurut Iman, PTPS punya tugas dan tanggung jawab berat. Kalau tidak dikerjakan akan berat dan sebaliknya akan ringan apabila dikerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh. Harus proporsional dalam mengemban tugas dan tidak berpihak kemana pun.

“Apabila anda melihat ada pelangaran dari relawan pasangan calon di TPS segera dibuatkan laporan dan segera laporkan ke Ketua Pengawas Pemilu,” himbaunya.

Sementara itu Ketua Pengawas Kecamatan (Panwascam) Tambun Selatan, Ardi, mengatakan bahwa besar harapannya agar PTPS yang sudah dilantik bisa bekerja dengan penuh rasa tanggung jawab dan bisa menjaga integritas, karena itu adalah modal utama dan marwah lembaga demi pemilu yang umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil.

Karena, lanjut Ardi, demokrasi yang diawali dari pemilu, harus menghasilkan pemimpin yang berintegritas, dan pemilu yang berintegritas diawali dari penyelenggara yang berintegritas. Itu semua bisa tercipta karena tugas tersebut saat ini ada pada pundak PTPS yang langsung bersentuhan mengawasi tempat pemungutan suara pada tanggal 27 Juni 2018 nanti.

Ardi yakin,610 orang PTPS yang sudah dilantik sudah memahami tugas sebagai petugas Pengawas TPS. Bukan partisipan, tidak berafiliasi ke salah satu pasangan calon dan berdomisili di desa/kelurahan setempat.

“Saya yakin, Bapak maupun Ibu-ibu yang hadir di sini bukan orang-orang pilihan para pasangan calon melainkan pilihan yang di percaya oleh masyarakat Kecamatan Tambun Selatan dan dapat melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya,” kata dia.

Pihaknya mengaku akan mengedepankan komunikasi dengan PTPS karena kecamatan Tambun Selatan merupakan kecamatan dengan jumlah TPS terbanyak sehingga potensi  kerawanannya akan banyak pula. (BC)

Baca Juga

Salah seorang pengendara motor saat melintas diantara jejeran spanduk ucapan lebaran yang dipasang para Bakal Calon Kepala Desa di Jl. raya Inspeksi Kalimalang - Petigaan Kp. Patola Desa Pasir Tanjung Kecamatan Cikarang Pusat, Selasa (19/06).

Spanduk Ucapan Lebaran Bakal Calon Kepala Desa di Kabupaten Bekasi Bikin Semrawut

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG PUSAT – Menjelang pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades), momen lebaran dimanfaatkan oleh para …