Irigasi Jebol, Petani dan Warga Kp. Kaliabang Datangi DPRD

Surat permohonan bantuan perbaikan tanggul sawah yang ditantangani puluhan petani dan warga RT 002/004 Dusun II Kp. Kaliabang, Desa Sukamulya, Kecamatan Sukatani.
Surat permohonan bantuan perbaikan tanggul sawah yang ditantangani puluhan petani dan warga RT 002/004 Dusun II Kp. Kaliabang, Desa Sukamulya, Kecamatan Sukatani.

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG PUSAT –  Perwakilan petani dan warga RT 002/004 Dusun II Kp. Kaliabang, Desa Sukamulya, Kecamatan Sukatani mendatangi kantor DPRD Kabupaten Bekasi, Jum’at (15/04).  Mereka meminta agar DPRD memperhatikan kondisi tanggul persawahan mereka yang terkikis atau jebol sejak tahun 2010.

“Kita ingin melaporkan terkikisnya tanggul sawah kami. Kondisi ini sudah berlangsung 5 tahun dan petani juga sudah melaporkan ke kantor pengairan dan Gapoktan Desa Sukamulya, Kecamatan Sukatani namun tidak ada tanggapan dan tidak ada tindak lanjut,” ungkap Dedi Sutarjo, salah seorang warga.

Bacaan Lainnya

Ia mengatakan bahwa selama ini, petani dan warga setempat sudah  melakukan swadaya untuk menahan tanggul tersebut dan sudah menahannya dengan 400 batang bambu namun tanggul tersebut tetap jebol.

“Sekarang aja sudah 6 kali tandur dan 6 kali gagal panen. Baru tandur, tanggulnya jebol, makanya kita ingin melaporkan lebih lanjut kepada dewan,” jelasnya.

Rojalih, ketua RT 002/004 mengakui bahwa pihaknya sudah mendapat dukungan daru puluhan warga dan petani setempat untuk mengajukan permohonan bantuan pembangunan tanggul. Ia pun berharap anggota Dewan dapat membantu memperbaiki tanggul yang terkikis atau jebol tersebut untuk membenahi ketahanan pangan masyarakatnya.

“Kami berharap agar anggota dapat dewan membantu kami. Tanggul itu itu harus secepatnya diperbaiki. Kalau tidak, nanti kami tidak bisa makan,” jelasnya. (DB)

Pos terkait