Tiga produk ikan sarden kalengan yang bercacing. (ki-ka) Farmer's Jack, Hoki, dan IO. Foto: Istimewa
Tiga produk ikan sarden kalengan yang bercacing. (ki-ka) Farmer's Jack, Hoki, dan IO. Foto: Istimewa

Heboh Soal Ikan Sarden Mengandung Cacing, Dinkes Kabupaten Bekasi Belum Terima Laporan

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG PUSAT  – Baru-baru ini, beredar pemberitaan dan sejumlah video yang viral tentang penemuan cacing di dalam ikan sarden kemasan kaleng

Dalam penelitian dari BPOM RI, ada tiga produk kemasan kaleng yang dianggap berbahaya dan perlu ditarik dari peredarannya yakni sarden bermerk Farmerjack, IO, dan Hoki.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi, dr. Sry Enni mengatakan kasus itu terjadi di Kepulauan Riau. “Kalau disini (Kabupaten Bekasi-red) kita belum menemukan laporan dan mudah-mudahan tidak ada,” kata dia, Senin (26/03).

Kalaupun ada, sambungnya, maka produk kemasan kaleng itu harus ditarik peredarannya dan kewenangannya ada di Badan Pengawas Obat Makanan (BPOM). “Penanganan terhadap makanan wewenang dari BPOM dan sampai sekarang kita juga belum menerima surat edaran dari BPOM,” ungkapnya.

Atas kejadian itu, ia menghimbau masyarakat untuk lebih cermat dan hati-hati dalam membeli produk pangan dengan mengecek terlebih dahulu kemasan, label, izin edar dan tanggal kadaluwarsa sebelum membeli atau mengkonsumsi produk pangan yang beredar di pasaran. (BC)

Baca Juga

Ilustrasi

60 Desa Masuk Kategori Kumuh, Pemkab Bekasi Siapkan Program ‘Berseka’

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG PUSAT  – Sebanyak 60 desa di Kabupaten Bekasi dinyatakan kumuh. Sulitnya penyediaan air …

Anggota Komisi IV DPRD Kabupaten Bekasi, Asep Surya Atmaja

Kabupaten Bekasi Siapkan Rp20 Miliar Untuk Jamkesda di 2020

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG PUSAT  – Selain mengalokasikan tambahan anggaran bagi 579.944 peserta Penerima Bantuan Iuran (PBI) …