Heboh Soal Ikan Sarden Mengandung Cacing, Dinkes Kabupaten Bekasi Belum Terima Laporan

Tiga produk ikan sarden kalengan yang bercacing. (ki-ka) Farmer's Jack, Hoki, dan IO. Foto: Istimewa
Tiga produk ikan sarden kalengan yang bercacing. (ki-ka) Farmer's Jack, Hoki, dan IO. Foto: Istimewa

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG PUSAT  – Baru-baru ini, beredar pemberitaan dan sejumlah video yang viral tentang penemuan cacing di dalam ikan sarden kemasan kaleng

Dalam penelitian dari BPOM RI, ada tiga produk kemasan kaleng yang dianggap berbahaya dan perlu ditarik dari peredarannya yakni sarden bermerk Farmerjack, IO, dan Hoki.

Bacaan Lainnya

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi, dr. Sry Enni mengatakan kasus itu terjadi di Kepulauan Riau. “Kalau disini (Kabupaten Bekasi-red) kita belum menemukan laporan dan mudah-mudahan tidak ada,” kata dia, Senin (26/03).

Kalaupun ada, sambungnya, maka produk kemasan kaleng itu harus ditarik peredarannya dan kewenangannya ada di Badan Pengawas Obat Makanan (BPOM). “Penanganan terhadap makanan wewenang dari BPOM dan sampai sekarang kita juga belum menerima surat edaran dari BPOM,” ungkapnya.

Atas kejadian itu, ia menghimbau masyarakat untuk lebih cermat dan hati-hati dalam membeli produk pangan dengan mengecek terlebih dahulu kemasan, label, izin edar dan tanggal kadaluwarsa sebelum membeli atau mengkonsumsi produk pangan yang beredar di pasaran. (BC)

Pos terkait