DPRD Kabupaten Bekasi Bahas Pelayanan dan Kepesertaan BPJS Kesehatan

Antrian pelayanan loket di halaman kantor BPJS Kesehatan Cabang Cikarang
Antrian pelayanan loket di halaman kantor BPJS Kesehatan Cabang Cikarang

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG PUSAT  – Komisi IV DPRD Kabupaten Bekasi melakukan Kunjungan Kerja (Kunker) ke Kantor Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Cikarang, Kamis (28/09).

“Dalam pertemuan tadi ada dua yang hal yang kami bahas. Yang pertama terkait pelayanan dan yang kedua terkait kepesertaan,” kata anggota Komisi IV DPRD Kabupaten Bekasi, Fatmah Hanum.

Bacaan Lainnya

Terkait dengan pelayanan, kata dia, DPRD Kabupaten Bekasi menginginkan agar BPJS Kesehatan dapat meningkatkan pengawasan terhadap klinik ataupun rumah sakit yang menjadi mitranya.

“Karena persoalan pelayanan kesehatan yang dialami masyarakat terutama peserta JKN/KIS ini kan sering muncul ya meskipun tidak sebanyak dulu. Jadi kalau sejauh ini sih progresnya ya lebih baik,” ucapnya.

Sementara kaitan dengan persoalan kepesertaan, sambungnya, Komisi IV DPRD Kabupaten Bekasi mendorong agar BPJS Kesehatan memperbanyak program jemput bola serta gencar mensosialisikan informasi tentang pelayanan yang sudah diberikan atau yang dapat diterima peserta JKN/KIS.

“Kalau saya tadi menanyakan tentang pelayanan yang diterima bagi kaum ibu seperti pap smear, mamografi dan lain sebagainya. Itukan penting ya buat kita dan ternyata pelayanannya ada. Kita baru tahu hal itu,” ucapnya.

Kedepan, anggota Fraksi Partai Keadilan Sejahtera itu pun berharap BPJS Kesehatan dapat terus meningkatkan kinerjanya, terutama dalam memberikan pelayanan, memperluas kepesertaan dan merangkul Faskes (klinik dan rumah sakit swasta) yang belum bekerjasama.

“Dan sebetulnya itu bukan hanya tugas BPJS Kesehatan, tetapi juga Dinkes (Dinas Kesehatan) bagaimana agar pelayanan kesehatan untuk masyarakat Kabupaten Bekasi ini bisa lebih maksimal lagi kedepannya,” kata Fatmah. (BC)

Pos terkait