Badan jembatan cipamingkis yang ambrol | Foto: Pepeling Karawang II
Badan jembatan cipamingkis cibarusah yang ambrol | Foto: Pepeling Karawang II

Dibangun Pekan Depan, Anggaran Perbaikan Jembatan Cipamingkis Rp 1,5 Miliar

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG PUSAT  – Perbaikan jembatan Cipamingkis Cibarusah akan dilakukan dalam waktu dekat menggunakan anggaran tanggap darurat Pemerintah Kabupaten Bekasi.

Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Bekasi, H. Kardin mengatakan informasi sementara yang diterimanya, anggaran tanggap darurat yang telah dialokasikan Pemkab Bekasi untuk memperbaiki jembatan Cimpamingkis Cibarusah sebesar Rp. 1,5 miliar.

BACA : Jembatan Cipamingkis Cibarusah Ambrol, Dewan minta Pemkab Segera Berkoordinasi dengan Kementerian PUPR & BNPB

“Informasinya sudah dianggarkan Rp. 1,5 milyar. Tetapi kita juga nggak tau persis anggaran apa dan darimana yang tau persis dinas terkait. Kalau nggak salah, ploting anggarannya ada di Bapedda dan itu anggaran tanggap darurat,” kata H. Kardin, Kamis (05/04) siang.

Anggaran sebesar itu, kata dia, dinilai cukup untuk perbaikan sementara badan Jembatan Cipamingkis Cibarusah yang ambrol beberapa waktu lalu. “Untuk perbaikan sementara sih bisa dengan anggaran segitu. Tetapi untuk permanen nggak bisa, harus dari Kementrian yang turun,” ungkapnya.

Menurut dia, salah satu upaya yang harus dilakukan untuk mencegah terjadinya longsor kembali adalah dengan menormalisasi Sungai Cipamingkis untuk kemudian dibangun kembali Tembok Penahan Tanah (TPT).

“Solusinya sungai harus dinormalisasi, batu-batunya kesampingkan agar jalur air di sungai yang berada tepat di bawah jembatan itu lurus dan tidak nikung lagi. Sehingga ketika air sungai deras tidak akan menghantam tanah yang menjadi penahan badan jembatan lagi untuk kemudian dipasang turap,” kata dia.

Politisi Partai Golkar itu pun memastikan bahwa perbaikan dengan anggaran tanggap darurat oleh Pemerintah Kabupaten Bekasi akan segera dilakukan dalam waktu dekat. “Sudah  langsung dibikin kok RAB-nya sehingga mudah-mudahan perbaikan bisa segera dilakukan dalam waktu dekat,” kata dia.

Sementara itu Anggota Komisi III DPRD Kabupaten Bekasi, Taih Minarno mengatakan jembatan Cipamingkis Cibarusah harus segera diperbaiki karena dikhawatirkan longsor akan semakin parah sehingga menyulitkan serta membahayakan warga yang melintas.

“Tadi abis sidak, minggu depan dibangunnya,” kata Ketua Fraksi Partai Demokrat itu. (BC)

Baca Juga

Bekasi Bersinar

Slogan Bekasi Bersinar Bakal Diganti?

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG PUSAT  – Slogan Bekasi ‘Bersinar’ yang belakangan ini digaungkan oleh Pemerintah Kabupaten Bekasi …

error: