Dedi Mulyadi : Semangat Hari Pramuka Harus Membentuk Generasi Wirausaha

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG PUSAT  – Pada tanggal 14 Agustus setiap tahunnya diperingati sebagai Hari Pramuka. Bagi Ketua DPD Golkar Provinsi Jawa Barat, Dedi Mulyadi, Hari Pramuka tak hanya sebatas seremoni.

Pria yang juga menjabat sebagai Bupati Purwakarta itu berpendapat, Hari Pramuka harus menjadi inspirasi bagi generasi muda untuk menjadi generasi wirausaha.  Sebab, jiwa kewirausahaan sangat penting untuk mengikis habis ‘penyakit’ konsumerisme dan hedonisme yang menjangkiti generasi muda saat ini.

Bacaan Lainnya

“Dengan berjiwa wirausaha, generasi muda menjadi generasi yang mandiri, kreatif dan produktif, bukan konsumtif,” kata kang Dedi dalam pernyataannya menyambut Hari Pramuka.

Di Purwakarta sendiri, lanjut kang Dedi, gerakan Pramuka sudah diarahkan pada pembentukan jiwa kewirausahaan. Hal ini sejalan dengan pendidikan berkarakter yang memang diterapkan di Purwakarta

Anak-anak Pramuka dilatih untuk memiliki dan mengelola sumber daya melalui bertani, menggembala maupun bercocok tanam. Dari kegiatan wirausaha itu, mereka bisa memetik manfaat ekonomi bagi diri maupun keluarganya.

“Jadi, betul-betul anak-anak Pramuka digembleng menjadi anak mandiri secara ekonomi, dengan dilatih mengelola sumber daya sendiri,” ujar tokoh Nahdlatul Ulama Purwakarta itu.

Maka, semangat kemandirian yang terinspirasi dari Pramuka itu faktanya telah terlaksana dengan baik di Purwakarta. Atas terobosan positifnya tersebut, kang Dedi pun dianugerahi penghargaan sebagai salah satu tokoh yang berkontribusi besar pada pengembangan Gerakan Pramuka di Indonesia pada tahun lalu. (BC)

Pos terkait