Daeng Muhammad : Jangan Sampai Orang Bekasi Kehilangan Identitas

Daeng Muhammad saat ditemui usai menghadiri diskusi sejarah dengan tema Candi Jiwa, Tarumanegara dan Bekasi di pelataran Gedung Juang Tambun Selatan, Jum’at (26/01) malam.
Daeng Muhammad saat ditemui usai menghadiri diskusi sejarah dengan tema Candi Jiwa, Tarumanegara dan Bekasi di pelataran Gedung Juang Tambun Selatan, Jum’at (26/01) malam.

BERITACIKARANG.COM, TAMBUN SELATAN – Komunitas Historia Bekasi (KHB) menggelar diskusi sejarah dengan tema Candi Jiwa, Tarumanegara dan Bekasi di pelataran Gedung Juang Tambun Selatan, Jum’at (26/01) malam.

Hadir sebagai pembicara diantaranya adalah Okki Jusuf Judanegara, Endra Kusnawan, Asep R Sundapura hingga Pupuhu Talagamanggung yang juga anggota DPR RI, Daeng Muhammad.

Bacaan Lainnya

Daeng mengatakan diskusi yang digelar KHB itu sangat erat kaitannya dengan Bekasi dan diharapkan bisa menjadi penyemangat khususnya bagi para generasi muda.

“Ini harus menjadi ibroh, penyemangat bagi generasi penerus bahwa orang Bekasi adalah orang yang punya peradaban, orang Bekasi punya identitas, orang Bekasi punya sejarah yang panjang dan orang Bekasi mampu bersaing dengan siapa pun yang datang ke Bekasi,” ujarnya.

Namun persoalannya, kata dia, orang Bekasi saat ini seperti masyarakat yang kehilangan identitas (losing identity). Pasalnya banyak yang memaknai esensi itu dengan cara ‘menepuk dada’ pada persoalan saya putra daerah dan bukan putra daerah.

“Masyarakat Bekasi adalah asimiliasi kultural, masyarakat yang bercampur semua sisi kebudayaannya. Esensi kebekasian dari jaman dulu hingga jaman now adalah bagaimana Bekasi melahirkan generasi penerus yang mampu bersaing (dengan siapapun yang datang ke Bekasi-red) tentunya dengan sumber daya manusia yang luar biasa,” kata Daeng. (BC)

Pos terkait