Pelaksanaan USBN di SMP Negeri 1 Tambun Selatan.
Pelaksanaan USBN di SMP Negeri 1 Tambun Selatan.

89 SMP Negeri Gelar USBN, Kadisdik: 75% Soal Dibuat MGMP Kabupaten Bekasi

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG PUSAT – Sebanyak 89 SMP Negeri di Kabupaten Bekasi menggelar Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) selama sepekan. Ujian itu digelar sebagai salah satu syarat kelulusan.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bekasi, MA Supratman menjelaskan jelang beberapa hari pelaksanaannya, USBN sudah dipersiapkan pihaknya agar dapat berjalan dengan baik.

“Jadi standarnya (soal, Red) dari soal nasional, dengan komposisi soalnya dari Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) 75 persen kabupaten dan nasional 25 persen,” kata MA Supratman, Kamis (12/04).

Dijelaskan olehnya, soal yang dibuat MGMP itu berupa kisi-kisi dan ada petunjuk teknis. Menurutnya soal itu udah standar dan sesuai dengan mata pelajaran yang diajarkan di setiap masing guru pelajaran itu.

“Jadi soal itu yang buat guru sesuai profesi bidangnya, misalkan pelajaran MTK yang buat kelompok guru-guru MTK. Jadi USBN ini serentak disetiap 89 SMP Negeri dan digelar selama 6 hari,”  ucapnya.

Sementara itu, Kepala SMP Negeri 1 Tambun Selatan, Annisa menuturkan, sebanyak 316 siswa dan siswinya mengikuti USBN serentak yang digelar di sekolah yang dipimpinnya.

“Alhamdulillah (USBN) berjalan lancar dan tidak ada hambatan. Dalam USBN kali ini sebanyak 12 mata pelajaran yang akan diikuti siswa selama sepekan,” kata Annisa. (BC)

Baca Juga

Dengan membawa makanan ringan sebagai buah tangan sejumlah pengunjung menunggu giliran untuk untuk bertemu anggota keluarga atau kerabatnya yang menjalani masa tahanan di Lapas Cikarang saat perayaan hari Raya Idul Fitri 1439 H.

Libur Lebaran, Pengunjung Lapas Cikarang Membludak

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG PUSAT  – Hari Raya Idul Fitri merupakan salah satu momen yang ditunggu-tunggu bagi …