Banjir melanda SDN 04 Bojongsari yang berada di Desa Bojongsari Kecamatan Kedungwaringin, Rabu (07/02).
Banjir melanda SDN 04 Bojongsari yang berada di Desa Bojongsari Kecamatan Kedungwaringin, Rabu (07/02).

7 Kecamatan di Kabupaten Bekasi Terendam Banjir

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG PUSAT  – Ribuan rumah di tujuh kecamatan Kabupaten Bekasi terendam banjir akibat tingginya curah hujan sepekan terakhir. Tidak hanya rumah warga, banjir pun memutus jalan serta merendam sejumlah sekolah.

Ketujuh kecamatan yang masih terendam banjir hingga Rabu (07/02) itu yakni Tambelang, Sukakarya, Sukawangi, Cikarang Selatan, Tambun Utara, Kedungwaringin dan Babelan. Rata-rata genangan banjir berkisar antara 30 centimeter hingga 120 centimeter.

Kasi Pencegahan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bekasi, Agus Suparno menuturkan, banjir yang terjadi ini akibat hujan deras yang kerap mengguyur sejumlah wilayah Kabupaten Bekasi. Tingginya curah kemudian ditambah buruknya drainase di sekitar pemukiman warga menjadikan genangan air tak dapat terhindarkan.

Beberapa diantaranya wilayah yang terendam diketahui dia telah menjadi langganan banjir setiap tahunnya seperti halnya di Desa Sukadaya Tambelang, Desa Sukajadi Sukakarya, Desa Buni Bakti Babelan serta Desa Bojongsari, Kedungwaringin.

Dikatakan Agus, sejumlah warga yang rumahnya terendam telah mengungsi. Namun, banyak pula yang memilih tetap tinggal di rumah. Kendati demikian, lanjut dia, BPBD telah menyalurkan sejumlah bantuan kepada warga terdampak.

“Kami sudah memberikan bantuan seperti makanan, susu, alat mandi, air bersih, serta logistik lainnya. Dapur darurat pun juga sudah kami dirikan untuk membantu masyarakat yang mengungsi,” tuturnya.

Sedangkan informasi yang BERITACIKARANG.COM himpun dari Tagana Kabupaten Bekasi banjir melanda 5 wilayah. Seperti di Desa Bunibakti, Kecamatan Babelan, ketinggian air banjir 40-100 centimeter. Di Desa Bojongsari, Kecamatan Kedungwaringin, ketinggian air banjir 40-80 centimeter.

Sedangkan di Desa Sumbersari, Kecamatan Pebayuran, ketinggian air banjir 30-70 centimeter, di Desa Pantai Bahagia dan Desa Harapan Jaya, Kecamatan Muaragembong, ketinggian air banjir mencapai 40-120 centimeter. Sementara itu di Desa Sukajadi dan Sukakarya, Kecamatan Sukakarya, ketinggian air banjir mencapai 30-120 centimeter. (BC)

Baca Juga

Plt Bupati Bekasi beserta rombongan saat berjalan di acara Car Free Day untuk menyapa warga yang memadati Jl. Setia Budi, Desa Karang Asih Kecamatan Cikarang Utara, Minggu (09/12) pagi.

Hadir di Car Free Day Desa Karang Asih, Plt Bupati Dikawal Ondel-ondel

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG UTARA – Plt Bupati Bekasi, Eka Supria Atmaja membuka kegiatan Car Free Day …

error: